div.TabView div.Tabs { height: 24px; overflow: hidden; } div.TabView div.Tabs a { float: left; display: block; width: 98px; text-align: center; height: 24px; padding-top: 3px; vertical-align: middle; -moz-border-radius-topleft:12px; -moz-border-radius-topright:12px; border-top: 1px solid #d9e3ff; border-left: 1px solid #d9e3ff; border-right: 1px solid #d9e3ff; border-bottom: 1px solid #d9e3ff; font-family: "verdana", Serif; font-weight: 900; color: #1E62B6; } div.TabView div.Tabs a:hover, div.TabView div.Tabs a.Active { background-color: #F2F2F2; } div.TabView div.Pages { clear: both; border-left: 1px solid #d9e3ff; border-right: 1px solid #d9e3ff; border-bottom: 1px solid #d9e3ff; overflow: hidden; background-color: #ffffff; } div.TabView div.Pages div.Page { height: 100%; padding: 0px; overflow: hidden; } div.TabView div.Pages div.Page div.Pad { padding: 3px 5px; }

JAM

<a href=http://zawa.blogsome.com>Zawa Clocks</a>

Senin, 02 April 2012

Troubleshooting: Kerusakan Inverter Monitor LCD

Lihat Selengkapnya : Cara Mengenali Gejala Kerusakan Inverter Pada Monitor LCD ~ Betal Boyz Blog
Under Creative Commons License: 
Attribution Share Alike

LCD monitor memang kadang sangat rentan dengan kerusakan. Banyak kasus ditemui LCD monitor kadang meredup dengan sendirinya, atau bahkan blank hanya dengan tampilan warna putih. Memang jenis kerusakan LCD terutama di LCD laptop tidak mutlak berasal dari LCD itu sendiri, bisa berasal dari komponen lain, seperti Inverter maupun mungkin pula berasal dari VGAnya. Oleh karena itu, kita jangan sampai terjebak untuk cepat-cepat mengganti LCD sementara kita belum paham benar bagian mana yang rusak pada LCD laptop kita.
Kali ini sobatpc.com akan mencoba sharing tentang cara mengenali gejala kerusakan Inverter pada monitor LCD, agar nantinya bisa diketahui bagian mana sebenarnya yang rusak dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.
Tanda-tanda inverter rusak:
  1. Biasanya LCD menjadi redup alias buram / tampilan gambar agak gelap
  2. Kalau laptop kondisi hidup LCD digerakkan buka tutup gambar agak goyang / berubah.
  3. Adanya panas yang tidak normal pada bagian inverter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)
Untuk memastikan bahwa inverter yg rusak bisa dilakukan langkah-langkah :
  1. Sambungkan Laptop dengan monitor CRT / LCD biasa.
    • Jika gambar bisa tampil normal ke layar monitor, berarti kemungkinan inverternya saja yang rusak bukan pada LCD.
    • Apabila tampilan di layar monitor gambar pecah2 atau ikut goyang berarti vga onboardnya yg bermasalah. Jadi jangan terjebak untuk segera mengganti LCD.
    • Untuk memastikan adalah dengan mencoba membuka cover depan LCD, lepaskan kabel inferter lalu pasang kembali. Masih error nggak ?
  2. Cek Inverter
    • Untuk mengecek inverter secara manual biasanya dilakukan dengan cara memasang inverter kita pada laptop lain yang sama atau menggunakan inverter yang sama, contoh memasang inverter acer 4730 ke 4710 atau 4715
  3. Cek Flexyble Cable “cable yang menghubungkan LCD dengan inverter dan Mainboard pada laptop”
    • Cek Kerusakan LCD pada laptop biasanya dilakukan dengan 3 cara diatas, jika langkah pertama tidak ada masalah biasanya kerusakan terjadi pada Inverter dan Flexyble Cable dan, Jika ketiga langkah diatas LCD Laptop masih blank kemungkinan kerusakan pada mainboard anda.
Solusi: Ganti inverter neonya. monitor LCD ukuran 15" - 17" biasanya memakai neon sebagai backlight ada yang berjumlah 1, 2 atau 4. 



gambar: modif converter 4 neon menjadi 2 neon

1 komentar: